Ronaldo Resmi ke Al Nassr, Mari Kenali Profil Klub Terbaik Arab Saudi Tersebut

Makassar, SULSELNEWS.id – Cristiano Ronaldo berlabuh ke Al Nassr. Serba-serbi klub Arab Saudi itu yang mungkin belum banyak orang tahu.

Al Nassr merekrut Cristiano Ronaldo dengan durasi kontrak sampai musim panas 2025. Ronaldo digaji per tahun dengan nilai yang fantastis, Rp 3,2 triliun.

Al Nassr sendiri didirikan pada 1955 oleh Zeid Bin Mutlaq Al-Ja’ba Al-Dewish Al-Mutairi. Berdiri sebagai klub amatir, lima tahun kemudian menjadi klub profesional.

Kepimpinan klub sempat diambil alih oleh putra mahkota Arab Saudi, Abdul Rahman bin Saud Al Saud. Baru pada tahun 1963, barulah mereka tembus ke liga utama Saudi Pro League.

Al Nassr sendiri di liga Arab Saudi punya prestasi mentereng. Ia memiliki sembilan gelar juara Liga Arab Saudi, kemenangan terakhir di tahun 2019.

Namun hal itu masih kalah jumlah trofi dibanding Al Hilal yang 18 kali juara.

Selain itu, Al Nassr juga punya koleksi enam Piala Raja, tiga trofi Piala Putra Mahkota, dan dua gelar Piala Super Saudi.

Al Nassr berkandang di Mrsool Park, stadion yang memiliki kapasitas, 25 ribu bangku.

Al Nassr kini dilatih Rudi Garcia, yang pernah melatih beberapa klub Eropa seperti Lille, AS Roma, Marseille, dan Lyon.

Pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa adalah Majed Abdullah. Dirinya mencetak 189 gol.

Banyak yang kemudian berspekulasi jika Al Nassr turut dikuasai oleh para keluarga kerajaan Arab Saudi.

Memang di masa lalu, Putra Mahkota Arab Saudi jadi pemiliknya tapi kini Al Nassr dipimpin oleh Musalli Al-Muammar. Musalli sejatinya pernah jadi ketua Saudi Pro League.

Musalli memang punya hubungan dekat dengan Pangeran Arab Saudi saat ini, Mohammed Bin Salman dan Menteri Olahraga Abdulaziz bin Turki Al Saud.

Oleh sebab itu, saat kontrak Ronaldo habis, Arab Saudi berencana untuk menjadikan Cristiano Ronaldo sebagai duta olahraga negaranya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *