Survei LSN di Pulau Jawa: Prabowo Teratas di Jabar

Prabowo Subianto
Prabowo Subianto

Jakarta, SULSELNEWS.id – Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis elektabilitas tokoh-tokoh yang masuk bursa calon presiden (capres) 2024 di Pulau Jawa.

Survei tersebut memperlihatkan elektabilitas Prabowo Subianto teratas di Jawa Barat (Jabar) dan menguat di Jawa Timur (Jatim).

Survei dilakukan pada 2-11 Januari 2023 dengan total responden 810. Pengambilan sampel dilakukan secara acak bertingkat atau multistage random samping.

Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka. Margin of error dalam survei ini +/- 3,44% pada tingkat kepercayaan 95%.

Pada hasil survei LSN di Jabar, Prabowo Subianto mendapatkan angka sebanyak 54,8 persen. Lalu disusul Anies Baswedan 24,8 persen dan Ganjar Pranowo 13,2%. Kemudian 3,6% responden lainnya mengaku masih belum punya pilihan.

“Prabowo Subianto masih belum tergoyahkan hegemoninya di Jawa Barat. Dugaan bahwa Anies Baswedan berhasil menggerus kantong-kantong suara Prabowo di tanah Sunda, tak terbukti dalam survei LSN kali ini. Masyarakat Jawa Barat tetap menjadi pemilih loyal (loyal voters) bagi Prabowo sekaligus juga bagi Partai Gerindra,” kata Direktur Eksekutif LSN Gema N Bakry, dalam konferensi pers virtual, Sabtu (14/1/2023).

Sementara, pada wilayah Jawa Timur, elektabilitas Prabowo dan Ganjar bersaing ketat.

Namun, Prabowo tetap berada teratas dengan angka 42,1% dan Ganjar 41,9%.

Lalu disusul Anies sebanyak 13,5% dan belum memilih 2,5%.

“Berdasarkan hasil survei LSN, jika Pilpres hanya diikuti tiga capres maka Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto bersaing ketat menjadi pemenang,” ujarnya.

Lebih lanjut, Gema mengatakan adanya isu pasangan Prabowo-Khofifah bisa mendongkrak elektabilitas Prabowo di Jatim. Dia menyebut Khofifah masih menjadi penentu elektabilitas capres di Jatim.

“Isu bakal majunya pasangan Prabowo/Khofifah yang sempat beredar belum lama ini nampaknya cukup mendongkrak elektabilitas Prabowo di Jawa Timur. Artinya ‘Khofifah Effect’ nampaknya masih cukup kuat di Jawa Timur dan itu dapat menjadi faktor penentu capres mana yang akan unggul di provinsi paling timur Pulau Jawa itu,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *