Berita  

Komite III DPD RI Kunker di Sulsel, Awasi Kesiapan Pemberangkatan Jemaah Haji

Makassar, SULSELNEWS.id – Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI gelar Kunjungan Kerja di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Rabu (31/05/2023).

Kunjungan kerja tersebut berkenaan dengan pengawasan pelaksanaan undang-undang nomor 8 Tahun 2019 tentang pelaksanaan ibadah Haji dan Umrah.

Kunjungan tersebut berkaitan dengan telah dekatnya pelaksanaan Haji dan Umrah bagi umat Islam di Indonesia.

Sebanyak Delapan Anggota Komite III DPD RI yakni Hasan Basri, Lily Amelia Salurapa, Zainal Arifin, Djafar Alkatiri, Muhammad J. Wartabone, Rahmijati Jahja, Almalik Pabbabari, Dan Yance Samonsabra hadir dalam giat tersebut.

Mereka diterima langsung oleh Pejabat Sekretaris Daerah Sulawesi Selatan, Andi Darmawan Bintang.

Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulsel, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel dan juga Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI).

Banyak persoalan menarik terkait dengan pemberangkatan Haji khususnya untuk kaum lansia dan juga biaya haji dengan problema fasilitas-fasilitas yang didapatkan jemaah.

Anggota DPD RI asal Sulsel Lily Amelia Salurapa mengatakan,  pasca pandemi covid-19, kuota lansia untuk embarkasi Makassar mengalami peningkatan, termasuk adanya tambahan kuota lansia yang diberikan pemerintah

“Kami kesini ingin melihat langsung sarana dan prasarana bagi jamaah haji, kita ingin memastikan kebutuhan jamaah haji khusus lansia terpenuhi,” Kata Lily.

Selain itu, Ketua Komite III DPD RI Hasan Basri menyampaikan jika kunjungan kerja ini adalah untuk mengawasi dan mengecek kesiapan pemberangkatan haji khususnya di Indonesia bagian Timur.

“Pengawasan ini dalam rangka mengecek kesiapan jamaah haji khususnya di Indonesia Timur serta kesiapan dalam pemberangkatan” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *