Daerah  

PJ Bupati Sinjai; Role Kepemimpinan Inklusif, Inovatif, dan Berorientasi Pada Kesejahteraan Masyarakat

Makasar, SULSELNEWS.id – TR Fahsul Falah yang akrab disapa Pak TR, seorang putra Aceh yang lahir pada 1 Januari 1974, telah menunjukkan komitmen dan langkah-langkah dalam kepemimpinannya sebagai Penjabat Bupati Sinjai sejak 26 September 2023. Meski berasal dari Aceh, namun beliau tidak asing lagi dengan Makassar.

Berlatar belakang pendidikan Ilmu Pemerintahan STPDN pada tahun 1995 kemudian melanjutkan S1 Manajemen Perencanaan Pembangunan Daerah di STIA-LAN RI tahun 1999 dan S2 Keuangan Daerah di MEP-UGM tahun 2001, TR Fashul Falah dapat dikatakan sebagai sosok yang telah kenyang dalam pengalaman di wilayah birokrat. Beliau mengawali kariernya sebagai Kasubbid Formasi pada BKD Aceh Selatan 2001-2003.

Lalu menjabat Camat Labuhanhaji Timur, Aceh Selatan pada 2003-2005. Setelah itu menjabat Kabid Informasi Data pada BKD Aceh Selatan pada 2005-2008, lalu Kabid Evaluasi dan Litbang pada BAPPEDA Aceh Selatan 2008-2009. Selanjutnya, Kabag Pengolahan Data Elektronik pada SETDAKAB Aceh Selatan pada 2009-2010, Kepala Dinas Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Kekayaan Daerah Aceh Selatan pada 2010-2012.

Pada 2012-2013, TR menjabat Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Aceh Selatan, tahun 2014 kemudian pindah ke Jakarta lalu jadi Widyaiswara pada 2015-2016. Pada 2016-2018 dia menjadi Kepala Bidang Diklat Teknis Fungsional. Selanjutnya menjabat Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Jabatan Fungsional, Pelaksana, Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah, DPRD dan Lurah Kemendagri pada 2018-2020.

Pada kurun waktu 2020-2022, Pak TR dipercaya sebagai Kepala PPSDM Kemendagri Regional Makassar. Selanjutnya ditunjuk sebagai Sekretaris BPSDM Kementerian Dalam Negeri pada 2022-2023. Terakhir sebagai Kepala Pusat Strategi Kewilayahan, Kependudukan dan Pelayanan Publik Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri.

Dalam masa kepemimpinannya yang relatif pendek, TR Fahsul Falah telah fokus pada beberapa aspek penting, seperti;

Peningkatan Infrastruktur melalui peninjauan langsung, ia telah mengarahkan pembangunan sejumlah infrastruktur kunci di Kabupaten Sinjai, seperti alun-alun Sinjai Bersatu, jalan, dan jembatan. Hal ini merupakan langkah penting untuk memajukan aksesibilitas dan konektivitas di wilayah tersebut.

Pelayanan Publik lebih baik; Dengan melakukan pelatihan bagi aparatur sipil negara (ASN) dan menerapkan inovasi dalam pelayanan publik, Pak TR berusaha meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. Upaya ini penting untuk memastikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh pemerintah daerah lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat; Beliau telah mengambil langkah-langkah konkret, seperti pemberian bantuan sosial dan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sinjai.

Meskipun baru menjabat dalam kurun waktu singkat, komitmennya untuk membangun Kabupaten Sinjai yang maju, sejahtera, dan bermartabat sangat terlihat. Visi untuk menciptakan masyarakat yang lebih baik secara keseluruhan, baik dari segi infrastruktur, pelayanan publik, maupun kesejahteraan, menunjukkan bahwa Pak TR memiliki fokus yang jelas dalam kepemimpinannya.

Kepemimpinan yang bersifat inklusif, terbuka terhadap inovasi, dan berorientasi pada kesejahteraan masyarakat sangat penting dalam menciptakan perubahan positif. Semisal Inovasi digitalisasi daerah dimulai dengan Radio Suara Bersatu yang telah dapat didengar melalui scan barcode yang disediakan. Selain itu, perencanaan untuk digitalisasi pendapatan melalui MPOS dan QRIS terus dikoordinasikan dengan pihak Bank Sulselbar sehingga kemudahan transaksi modern dapat diterapkan dengan mudah baik di pasar maupun di UMKM lainnya.

Semoga TR Fahsul Falah dapat terus mengembangkan visi dan langkah-langkahnya guna mewujudkan tujuan yang telah diemban dalam memimpin Kabupaten Sinjai. Selama kepemimpinannya, Pak TR telah memulai pembangunan dengan mengandalkan kerja nyata tanpa banyak basa basi. Mulai dari pembenahan manajemen kerja OPD, Mall Pelayanan Publik Berbasis Elektronik, Pengendalian Inflasi, Pencegahan Stunting, Program Kebersihan Kota. Seperti terkait inflasi dengan melakukan intervensi terkait harga kebutuhan melalui pasar murah setiap bulannya secara rutin, begitupun dengan penanganan Stunting dengan program pembagian telur dan vitamin bagi masyarakat serta membagikan susu untuk anak sekolah PAUD. itu hanya sebagian langkah konkret yang telah dijalankan selama pemerintahan Pak TR.

Beragam penghargaan pun telah didapatkan baik di tingkat provinsi maupun nasional telah diterima olehnya, salah satunya yang terbaru adalah penghargaan peringkat ke 3 anugerah Desa Wisata Kategori Desa Maju dan Mandiri dari Kementerian Desa, Penghargaa Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan dalam penyelenggaraan Kabupaten Sehat Tahun 2023, serta Penghargaan sebagai peringkat 2 Nasional Implementasi Program Daerah Jawara Belajar.id dari Kemendikbud Ristek RI.

Selain itu juga, sosok Pak TR dikenal ramah oleh masyarakat, beliau kerap kali turun langsung dalam beberapa penaganan bencana yang terjadi di beberapa tempat di Sinjai. Cercaan yang timbul tenggelam selama kepemimpinannya pun ditanggapi dengan santai dan bersahabat, menurutnya semakin banyak tanggapan berarti semakin banyak masukan untuk meningkatkan kinerja pejabat publik yang harus di hargai dan dijadikan bahan evaluasi untuk melanjutkan kinerja-kinerja dalam membangun daerah kedepannya.

Ehao Sinjai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *