Berita  

Disdag akan Libatkan 40 UMKM Lokal di Makassar Export & Trade Expo 2023

Makassar, SULSELNEWS.id – Dinas Perdagangan (Disdag) Makassar akan melibatkan 40 UMKM lokal dalam pameran Makassar Export dan Trade Expo (Met dan Trade Expo) 2023.

Mereka akan memamerkan produknya dalam kegiatan yang berlangsung di Main Atriun Phinisi Point, Makassar, mulai 16 hingga 17 Desember 2023 mendatang.

Pameran IKM ini sendiri pertama kali digelar Disdag Makassar. Di mana, kegiatan ini diinisiasi oleh Kepala Bidang (Kabid) Ekspor dan Impor, Indra Artati.

Kabid Ekspor dan Impor, Indra Artati mengatakan pameran ini merupakan salah satu yang digunakan untuk memperkenalkan atau mempromosikan suatu produk kepada masyarakat umum.

“Dengan tujuan untuk bertukar informasi dan juga melakukan negosiasi perdagangan,” bebernya, Selasa (12/12/2023).

Untuk itu kata dia, pameran bisa menjadi lahan bisnis bagi kaum pedagang dan pengusaha serta menjadi kesempatan liburan sederhana bagi para pengunjung.

“Olehnya itu, Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Perdagangan Kota Makassar tertarik untuk mengadakan kegiatan pameran yang kami namakan MAKASSAR EXPORT & TRADE EXPO 2023,” jelas Indra Artati.

Pameran nanti juga akan menampilkan tiga acara. Di antaranya Trade Expo, Bussiness Matching dan Coaching Clinik Eksport bagi pelaku usaha.

Bissiness Matching mempertemukan Buyer LN dangan Pedagang lokal melalui Online. Ada juga Coaching Clinik dari Bea CukaiCl linik Export Sulsel,” kata Indra Artati.

Indra Artati juga menuturkan bahwa, Makassar dan Trade Expo ini juga akan menampilkan dari Band Lokal dengan artis lokal, karena kegiatan ini adalah pameran dagang lokal.

Sementara itu, adapun maksud dan tujuan dari pameran Met dan Trade Expo 2023 ini. Pertama, menjadikan Makassar Export da Trade Expo 2023 sebagai core event Pameran Nasional maupun Internasional.

“Kedua, Meningkatkan dan memberdayakan produksi Indonesia khususnya Produk UMKM / IKM; ketiga Mensosialisasikan pembangunan/potensi daerah kepada masyarakat,” ungkapnya.

Keempat, sebut dia, mempromosikan kebutuhan produk-produk yang dihasilkan oleh Pelaku Usaha UMKM / IKM Binaan Dinas Perdagangan Kota Makassar.

“Kelima, meningkatkan kecintaan masyarakat pada produksi dalam Negeri sekaligus daya saing di pasar global / internasiona; dan keenam, memberikan kesempatan kepada peserta pameran untuk melakukan transaksi dagang secara langsung,” jelas Indra Artati. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *