Berita  

RSUD Sulbar Gelar Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut

Sulbar, SULSELNEWS.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Sulbar menggelar penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.

“Penyuluhan untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut digelar di RSUD Sulbar diikuti masyarakat umum dan pasien,” kata Kepala RSUD Sulbar, dr Merintani Erna Dochri, di Mamuju, Kamis (07/03/2024).

Ia mengatakan, penyuluhan itu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan serta kesadaran masyarakat pasien karena menjaga kesehatan tubuh sangat penting bagi setiap manusia.

Menurut dia, penyuluhan dilakukan dengan melibatkan sejumlah dokter spesialis gigi dan mulut RSUD Sulbar sebagai narasumber diantaranya, drg Amraningsih, drg Ida Bagus Kresnananda, drg Andi Muhammad Zulham.

Ia menjelaskan, gangguan kesehatan pada gigi, karena gigi mengalami karies atau gigi berlubang maupun ketika terdapat noda kehitaman pada gigi, dan noda itu tidak bisa hilang, meskipun telah dilakukan sikat gigi.

“Penyuluhan dilakukan dengan menjelaskan mengenai pencegahan gigi berlubang, dan akibat yang ditimbulkan dari gigi berlubang, serta bagaimana cara menangani gigi berlubang,” katanya.

Ketika gigi rusak, katanya, maka akan terjadi penyebaran infeksi, gangguan atau terjadi masalah saat berbicara, terjadi gangguan tidur dan tidak bisa makan, yang mesti diwaspadai, karena mengganggu kesehatan.

Ia juga menyampaikan, untuk mencegah gigi berlubang maka harus rajin menyikat gigi dengan baik dan benar secara rutin.

“Rajinlah memeriksakan diri ke dokter gigi, mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis, perbanyak minum air putih setelah makan dan menjaga pola makan dan hidup yang sehat,” katanya.

Pada penyuluhan tersebut RSUD Sulbar juga menggelar acara bakti sosial dengan melakukan operasi celah bibir dan lelangit atau operasi bibir sumbing diikuti sebanyak 19 pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *