Daerah  

Kinerja Dinilai Menurun, DPP Hippmas Dorong Peningkatan Keterbukaan Informasi Publik di Sinjai

Makassar, SULSELNEWS.id – Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Sinjai (HIPPMAS) menilai Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di Kabupaten Sinjai menurun.

Hal ini tidak lepas dari minimnya transparansi perencanaan, program dan kinerja Pemerintah Kabupaten Sinjai.

Ketua Umum DPP HIPPMAS Muhammad Riadi menilai hak-hak publik tersumbat beberapa tahun terakhir. Padahal, menurutnya, hak-hak publik dilindungi oleh undang-undang.

“Jauh sebelumnya, HIPPMAS telah menguji kinerja PPID dengan memohonkan data kepada seluruh SKPD, sayangnya dari seluruh SKPD yang kami surati hanya 5 SKPD yang menanggapi permohonan kami,” kata Riadi melalui keterangan tertulisnya, Kamis (5/1/2023)..

Riadi menyebut bahwa tahun 2013 PPID Kabupaten Sinjai berkinerja baik dan menjadi tempat kunjungan belajar kabupaten lain.

Bahkan, pada tahun 2021 Kabupaten Sinjai menempati urutan kedua dalam ajang penganugerahan keterbukaan informasi badan publik tingkat Provinsi Sulsel.

“Setahu kami, ada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumen baik utama maupun pembantu di tiap-tiap SKPD. Kami mendorong pemerintah untuk mengaktifkan mereka agar hak-hak publik atas informasi dapat terpenuhi, termasuk PPID Desa,” pungkasnya.

Selanjutnya, HIPPMAS akan berkonsultasi dengan Komisi Informasi Sulsel terkait pentingnya penguatan kinerja PPID di Kabupaten Sinjai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *