Pj Gubernur Sulbar Minta Kepala OPD Cegah Korupsi Mulai dari Lingkungan Rumah Tangga

Sulbar, SULSELNEWS.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI menggelar Bimbingan Teknis Keluarga Berintegritas dengan tema “mewujudkan keluarga berintegritas melalui penanaman nilai-nilai anti korupsi” di Ballroom Hotel Maleo Mamuju, Rabu (1/11/2023).

Bimtek melibatkan para pejabat eselon I, II, dan III dan keluarga pejabat lingkup Sulawesi Barat dengan bertujuan membentuk keluarga berintegritas dalam pemerintahan.

Pasalnya, kerap terjadi penyalahgunaan wewenang ataupun jabatan, baik yang dilakukan pejabat itu sendiri, maupun pasangannya.

Didukung oleh hasil survei BPS 2022, terdapat 74,24 persen suami atau istri yang menerima uang tambahan diluar gaji atau penghasilan, tanpa mempertanyakan asal usulnya.

Pada kegiatan ini, sebanyak 40 Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemprov Sulbar didampingi istri masing-masing mengikuti Bimtek.

Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakrulloh dalam sambutannya mengungkapkan, program KPK yang digelar di Sulbar merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat, khususnya bagi para Kepala SKPD lingkup Pemprov Sulbar.

“Jadi, hari ini semua kepala OPD beserta istri atau suaminya diajak untuk bersama-sama melakukan tindakan pencegahan korupsi. Nah, ini langkah yang sangat bagus,” kata Zudan di depan sejumlah wartawan

Zudan berharap, seluruh Kepala SKPD lingkup Pemprov Sulbar dapat menerapkan pencegahan korupsi, baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga.

“Mulai dari niat dulu. Diniati tidak ada niat untuk korupsi, kemudian diimplementasikan di kantor dan di rumah. Di rumah bersama keluarga untuk mensyukuri semua yang sudah diperoleh, sehingga tidak ada tekanan kepada suami atau istri untuk mengambil yang bukan miliknya,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *